Form WhatsApp

MARI BIJAK BERMEDIA SOSIAL

shape image

MARI BIJAK BERMEDIA SOSIAL

Kamis, 6 April 2023

Saat ini media sosial sangat mempengaruhi perilaku dan keseharian kita. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, kebanyakan dari kita selalu update media sosialnya, mulai dari Twitter, Instagram,WhatsApp, dan masih banyak lagi.

Bahkan tidak jarang yang kecanduan atau berlebihan menggunakan media sosial yang mengakibatkan tugas-tugas utamanya justru terabaikan, seperti belajar atau bekerja 


Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak seluruh masyarakat waspada terhadap informasi yg beredar di medsos, dengan tujuan untuk mencegah penyebaran Intoleran, Radikalisme, dan Ekstrimisme. Waspada terhadap konten yang memuat narasi yang bersifat memecah belah persaudaraan, dll.


Mari gunakan media sosial dengan bijak dan positif. Hal ini bertujuan menghindari hal” negatif dari penggunaan media sosial yang berlebihan. Juga "SARING dulu baru di SHARING". Mempunyai makna untuk selalu selektif dalam membagikan informasi dari orang lain. Sebab belum tentu informasi yang kita terima benar adanya.


Adapun Beberapa Tips Cara cerdas dan bijak menggunakan media sosial :

1. Jangan mencantumkan informasi pribadi secara detail.

2. Filter akun” yg di ikuti, jangan asal posting konten/informasi, saring dulu informasi yang didapat.

3. Menjaga sikap dan etika dalam berinteraksi dengan pengguna lain.

4. Pastikan apapun yang di-posting di akun media sosial tidak mengandung SARA.

5. Selalu Waspada dan jangan mudah terpengaruh akan berita hoaks.

6. Ikuti org” yang inspiratif, dijadikan motivasi, dari mereka kita juga bisa belajar tentang cara membuat rencana yang baik demi meraih apa yang ditargetkan.

7. Membangun koneksi, dgn tujuannya menambah wawasan yang baru.

8. Cantumkan sumber postingan, jika ada info-info atau konten bermanfaat untuk dibagikan dan ternyata itu adalah hasil karya orang lain, sebaiknya cantumkan sumber postingan.

9. Jauhi perdebatan 

10. Pasang foto profil yg sewajarnya, foto profil merupakan hal pertama yang dilihat orang lain di sosial media, foto inilah yang mengidentifikasikan dan akan memudahkan orang lain atau sahabat untuk menemukan kita. 

11. Pastikan akun kita memiliki proteksi yang baik.


#stopekstrimisme #satuhatitanpaintimidasi #merangkulkesetaraan #EmbraceEquity  #koalisiperempuanindonesia #bijakbermediasosial Koalisi @Perempuan Indonesia Setnas @Kpi Sumbar

Posting Komentar

Popular Posts Minggu ini :

Supported by :

© webmy.id 2021 - Silvia Piobang Handycraft

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now